Kamis, 09 Agustus 2007

Memodifikasi tampilan naskah dengan LyX. Bagian 1: Paket "geol-ugm.sty"

LyX dan merupakan salah satu dari document processor yang sangat handal dalam mendesain layout naskah yang konsisten. LyX merupakan perangkat lunak front-end dari LaTeX, sehingga tanpa LaTeX perangkat lunak ini tidak dapat dijalankan. Sebagian besar desain layout yang disediakan oleh LaTeX dan LyX merupakan standard internasional yang mana biasanya universitas di Indonesia akan merasa 'gengsi' untuk memakainya. Pada kesempatan ini penulis mencoba memberikan salah satu solusi untuk menjembatani antara paket LaTeX yang sudah tersedia dan kebutuhan layout Skripsi atau Referat/Karya Tulis Ilmiah di Indonesia.

Paket ini penulis beri nama geol-ugm.sty. Bagi pengguna di luar UGM silakan memberi nama yang lain. Apa manfaat penggunaan paket ini? Seperti halnya paket-paket lain di LaTeX yang selalu memanjakan penggunanya, paket ini pun demikian. Pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana harus melayout tulisan yang dibuat, karena LaTeX dapat melakukannya. Pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana harus membuat sampul, lember pengesahan, mengatur gambar. Semua ini dikerjakan oleh LaTeX melalui paket ini. Jadi, pengguna cukup memikirkan isinya.

Paket dan penggunaannya dapat dilihat dan didownload pada: http://warmada.staff.ugm.ac.id/TextProc/skripsi/geol-ugm.html

Tidak ada komentar: